Rangkuman Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia
Ciri sistem pemerintahan masa Kerajaan HinduBuddha Donisaurus from www.donisetyawan.com

Sebagai sebuah negara dengan sejarah panjang, Indonesia memiliki berbagai periode kejayaan yang diwarnai oleh kerajaan Hindu Budha. Periode ini merupakan masa keemasan Indonesia dalam hal kebudayaan, seni, dan arsitektur. Dalam artikel ini, kami akan memberikan rangkuman mengenai kerajaan Hindu Budha di Indonesia.

1. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan Hindu Budha yang pernah berdiri di wilayah Sumatra. Kerajaan ini dikenal sebagai pusat perdagangan internasional dan menjadi salah satu kerajaan maritim terbesar pada masanya. Sriwijaya juga memiliki pengaruh kuat dalam penyebaran agama Buddha di Asia Tenggara.

2. Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Kuno adalah kerajaan Hindu Budha yang berpusat di Jawa Tengah. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-8 Masehi di bawah pimpinan Raja Sanjaya. Mataram Kuno memiliki ciri khas arsitektur candi yang megah, seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

3. Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan Hindu Budha terbesar yang pernah ada di Nusantara. Berdiri pada abad ke-13 Masehi, Majapahit dikenal dengan pengaruhnya dalam bidang seni, sastra, dan agama. Salah satu tokoh terkenal dari kerajaan ini adalah Raja Hayam Wuruk.

4. Kerajaan Singhasari

Kerajaan Singhasari merupakan kerajaan Hindu Budha yang didirikan oleh Ken Arok pada abad ke-13 Masehi. Kerajaan ini mencapai kejayaannya di bawah pemerintahan Raja Kertanegara. Singhasari juga dikenal dengan senjata tradisionalnya yang terkenal, yaitu keris.

5. Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai adalah salah satu kerajaan Hindu Budha tertua di Indonesia, berdiri pada abad ke-4 Masehi. Kerajaan ini terletak di Kalimantan Timur dan dikenal dengan peninggalan arkeologinya, seperti batu prasasti dan arca. Kutai juga memiliki hubungan perdagangan dengan kerajaan-kerajaan di Asia Tenggara.

6. Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu Budha yang berdiri di wilayah Jawa Barat. Kerajaan ini diperkirakan berdiri pada abad ke-4 Masehi dan mencapai masa kejayaannya pada abad ke-5 hingga abad ke-7 Masehi. Tarumanegara dikenal dengan peninggalan arkeologinya, seperti Candi Batujaya.

7. Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri adalah kerajaan Hindu Budha yang berdiri di Jawa Timur pada abad ke-11 Masehi. Kerajaan ini dikenal dengan seni ukir kayu dan batu yang indah. Salah satu karya seni terkenal dari Kerajaan Kediri adalah relief Candi Penataran.

8. Kerajaan Bali

Kerajaan Bali merupakan kerajaan Hindu Budha yang masih berdiri hingga saat ini. Bali dikenal dengan budaya dan kepercayaan yang kental dengan ajaran Hindu. Pulau ini memiliki banyak pura yang menjadi tempat ibadah dan objek wisata yang populer.

Kesimpulan

Itulah rangkuman mengenai kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Periode kejayaan ini memberikan kontribusi besar dalam perkembangan seni, budaya, dan agama di Indonesia. Melalui peninggalan-peninggalan bersejarah, kita dapat mengenal dan mempelajari lebih dalam tentang peradaban Hindu Budha di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *