Seserahan Pernikahan Adat Jawa: Simbol Kebahagiaan Dan Makna Mendalam
Pernikahan Adat Jawa Seserahan Pisang Sanggan Pengantin Jogja Fotografer Pernikahan Prewedding from poetrafoto.wordpress.com

Seserahan pernikahan adat Jawa merupakan salah satu tradisi yang tak terpisahkan dari upacara pernikahan di Jawa. Seserahan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah “sesekar” atau “seser”, yang berarti “ungkapan perasaan” atau “harta benda”. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang seserahan pernikahan adat Jawa, simbol-simbol yang terkandung di dalamnya, serta makna mendalam yang melingkupinya.

Makna Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Seserahan dalam pernikahan adat Jawa memiliki makna yang sangat penting. Dalam tradisi ini, mempelai pria memberikan berbagai macam harta benda kepada mempelai wanita sebagai tanda kasih sayang dan penghargaan. Seserahan juga menjadi simbol permohonan restu kepada keluarga mempelai wanita.

Selain itu, seserahan juga melambangkan keberlimpahan rezeki dan kesuburan. Berbagai jenis makanan, buah-buahan, dan bunga yang ada dalam seserahan menandakan harapan agar hubungan pernikahan ini diberkahi dengan kebahagiaan, kelimpahan, dan keberuntungan.

Simbol-simbol dalam Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Seserahan pernikahan adat Jawa terdiri dari berbagai macam harta benda yang dipilih dengan cermat. Setiap harta benda tersebut memiliki makna dan simbol yang tersirat di dalamnya. Berikut adalah beberapa simbol yang terkandung dalam seserahan pernikahan adat Jawa:

1. Siraman

Siraman adalah salah satu bagian penting dalam seserahan pernikahan adat Jawa. Siraman terdiri dari air bunga yang digunakan untuk membersihkan tangan mempelai wanita. Simbol ini melambangkan kesucian dan kesuburan.

2. Buah-buahan

Adanya buah-buahan dalam seserahan pernikahan adat Jawa mengandung makna kesuburan dan keberlimpahan. Buah-buahan segar seperti pisang, jeruk, dan mangga menjadi simbol harapan agar keluarga yang dibina menjadi keluarga yang sejahtera dan penuh berkah.

3. Bunga

Bunga dalam seserahan pernikahan adat Jawa melambangkan keindahan dan harapan akan kebahagiaan. Bunga-bunga segar seperti melati, mawar, atau krisan seringkali menjadi pilihan dalam seserahan. Bunga-bunga tersebut juga melambangkan harapan agar hubungan pernikahan ini selalu indah dan harmonis.

Makna Mendalam dalam Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Seserahan pernikahan adat Jawa bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga memiliki makna mendalam yang melingkupinya. Melalui seserahan, mempelai pria ingin menunjukkan keseriusannya dalam menjalin hubungan pernikahan. Seserahan juga menjadi sarana untuk menunjukkan rasa hormat dan penghargaan kepada keluarga mempelai wanita.

Lebih dari itu, seserahan pernikahan adat Jawa menjadi simbol komitmen dan janji setia untuk saling mencintai dan mendukung satu sama lain. Melalui seserahan, kedua mempelai juga berharap agar pernikahan mereka diberkahi dengan kebahagiaan, kelimpahan, dan keberuntungan.

Kesimpulan

Seserahan pernikahan adat Jawa bukan hanya sekadar harta benda yang diberikan dalam upacara pernikahan, tetapi juga melambangkan simbol-simbol penting dalam kehidupan berkeluarga. Melalui seserahan, mempelai pria ingin menunjukkan rasa cinta, hormat, dan keseriusannya dalam menjalin hubungan pernikahan. Simbol-simbol dalam seserahan seperti siraman, buah-buahan, dan bunga juga memiliki makna yang mendalam. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang seserahan pernikahan adat Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *